Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Sebanyak 17 Anggota Lembaga Sensor Film (LSF) yang diangkat oleh Presiden Joko Widodo pada 31 Juli 2015, akhirnya dilantik oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan di kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (15/9/2015).

Pelantikan anggota LSF dihadiri sejumlah anggota LSF periode sebelumnya. Pada kesempatan tersebut, Anies Baswedan juga membacakan sumpah jabatan para anggota LSF yang baru dilantik.

Anggota LSF 2015-2019 diangkat oleh Presiden Joko Widodo melalui Surat Keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 65/P Tahun 2015 tentang Pengangkatan Anggota Lembaga Sensor Film. 

17 anggota LSF terdiri dari 12 orang unsur masyarakat dan 5 orang dari unsur pemerintah. Mereka adalah Ahmad Yani Basuki, Romy Fibri Hardianto, Imam Suharjo, Mukhlis PaEni, Zaitun Subhan, Dody Budiatman, Ni Luh Putu Elly Erawati, C Musiana Yudhaswati, Suzen HR Tobing, Noor Saadah, Arturo Gunapriatna P, M Sudama Dipawikarta, Nasrullah, Monang Sinambela, Wahyu Tri Hartati, Syamsul Lussa, dan Dyah Citraria Liestyawati.

Dalam sambutannya, Mendikbud mengatakan peran sensor kali ini berbeda dengan sebelumnya. “Peranan sensor ini berbeda dalam demokratisasi politik maupun demokratisasi dalam artian akses sumber-sumber informasi. LSF periode ini memiliki tugas kesejarahan, karena di era digital sekarang akses pada sumber informasi dan karya-karya sangat luar biasa besarnya,” ujar Anies Baswedan.

Mendikbud menambahkan, LSF berperan semacam mercusuar bagi kapal-kapal di tengah laut. “Mercusuar adalah tanda arah, dan kapal-kapal akan memperhatikan arah lampu. Kita harapkan bersama ini dapat dilakukan oleh LSF,” katanya.

 

Wajib lepas jabatan

Setelah dilantik apakah ke-17 anggota LSF yang memiliki jabatan rangkap secara otomatis harus melepaskan jabatannya? 

“Bunyi Kepresnya adalah melantik dan memberhentikan, sehingga itu otomatis (melepas jabatan),” kata Anies Baswedan menjawab pertanyaan tabloidkabarfilm.com usai melantik anggota LSF periode 2015-2019.

Selain ke-17 Anggota LSF pihak Kemendikbud juga melakukan proses seleksi kepada 34 anggota Tenaga Teknis LSF setahun lalu. Namun, pelantikan ke-34 anggota Tenaga Teknis LSF ini tidak dilakukan secara bersamaan karena masih dalam proses.

Rekrutmen anggota LSF ini merupakan amanat UU Perfilman No 33 Tahun 2009 tentang Lembaga Sensor Film. Proses seleksi anggota LSF periode 2015-2019 berkoordinasi dengan Komisi I DPR RI. 

Salah seorang anggota LSF yang baru dilantik, Arturo GP mengatakan perbaikan terhadap LSF akan dilakukan bersama-sama anggota LSF lainnya. 

“Saya belum pernah melihat kinerja LSF periode sebelumnya, jadi tidak tahu kalau ditanya apa yang harus diperbaiki dari LSF.  Setelah bekerja nanti, barulah saya bisa menilai,” kata Arturo, yang sebelumnya adalah editor di sejumlah film dan meraih Piala Citra FFI 1991 untuk film Cinta Dalam Sepotong Roti karya Garin Nugroho.

Pria kelahiran Buenos Aires, Argentina ini mengatakan melepas semua kegiatannya di bidang produksi film. “Saya sudah melepas semua kegiatan produksi film,” kata Arturo, yang terakhir ikut dalam produksi film Garin Nugroho, Achh Aku Jatuh Cinta.

Usai pelantikan pada hari dan tempat yang sama, seluruh anggota LSF langsung menggelar rapat tertutup melakukan pemilihan calon ketua. Hasil rapat memilih Ahmad Yani Basuki sebagai Ketua LSF periode 2015-2019.(imam)

Last modified on Wednesday, 16 September 2015
Read 4340 times
Rate this item
(0 votes)
TIS

шаблоны joomla на templete.ru