Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Penghargaan dan apresiasi terhadap insan perfilman Indonesia akan bertambah. Yayasan Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI) akan menggelar Penghargaan Usmar Ismail (Usmar Ismail Award).

“Ketua Yayasan PPHUI, Haji Irwan Usmar Ismail telah menandatangani SK penyelenggaraan Usmar Ismail Award,” kata Kepala Sinematek Indonesia, Adisurya Abdy kepada tabloidkabarfilm.com, Selasa (13/10/2015) di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan. 

Bersama tim pengarah yang diketuai oleh Adisurya Abdy, ajang Usmar Ismail Award akan melibatkan wartawan sebagai tim juri, yang dalam hal ini berkoordinasi dengan Forum Pewarta Film. 

Dipilihnya wartawan sebagai juri menurut Adisurya karena ajang penghargaan seperti AFI dan FFI dan lainnya selama ini dinilai oleh orang-orang film sendiri. Terutama pada FFI dan AFI yang dibiayai oleh pemerintah, justru kedua event tersebut identik dengan kericuhan, dan memunculkan dikotomi sineas senior dan junior. 

“Wartawan sebagai juri diharapkan hasilnya nanti lebih jujur, murni, dan tidak berpihak pada salah satu kubu tapi tetap mengedepankan integritas. Dan yang terpenting, UIA bukanlah ajang penghargaan ‘plat merah’,” jelas Adisurya.

UIA 2016 rencananya dilaksanakan pada bulan Maret mendatang bersamaan dengan perayaan Hari Film Nasional. Panitia Pengarah UIA terdiri dari Adisurya Abdy, Febryan Adhitya, Jimmy Haryanto, Aditya Gumay, dan Alvin Usmar Ismail.

 

Penghargaan sesungguhnya

UIA memiliki motto sebagai tagline, “Penghargaan Insan Film Sesungguhnya”, yang merupakan kutipan kalimat Presiden Soekarno, yang mengatakan Usmar Ismail adalah sutradara film Indonesia sesugguhnya.

Adisurya Abdy mengatakan gagasan penghargaan Usmar Ismail didasarkan pada ketokohan Usmar Ismail sebagai pelopor sejarah kelahiran film-film Indonesia.

“Tanggal 30 Maret 1950 saat syuting pertama film “Darah dan Doa” yang disutradarai Usmar Ismail, ditetapkan oleh pemerintah melalui Keppres RI No 25 tahun 1999 sebagai Hari Film Nasional. Maka, kini saatnya YPPHUI mengadakan Usmar Ismail Award,” jelas Adisurya yang juga Sekretaris YPPHUI. (imam)

Last modified on Friday, 16 October 2015
Read 3509 times
Rate this item
(0 votes)
TIS

шаблоны joomla на templete.ru