Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) meluncurkan website tokoh perfilman Indonesia, Sophan Sophiaan. Sophan Sopiaan merupakan tokoh ke-18 yang dihadirkan dalam website hasil kerjasama dengan Sinematek Indonesia.

"Film selain wahana hiburan juga memiliki pesan moral tinggi untuk masyarakat kita. Peluncuran website Sophan Sophiaan ini diharapkan lebih mendekatkan gagasan dan ide pemikiran beliau ke masyarakat," kata Kepala Perpustakaan Nasional Indonesia Dra Sri Sularsih, MSi, di Gedung Perpustakaan Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (15/2/2016).

Sophan Sophiaan telah berperan di 35 judul film, dan menyutradarai 20 judul film. Hadir dalam peluncuran website Sophan Sophiaan, istri almarhum Widyawati, Rima Melati, Nani Wijaya, Rina Hasyim, Aty Cancer, Nela Sari, dan sutradara Bobby Sandy serta Kepala Sinematek Indonesia, Adisurya Abdi.

Kepala Sinematek Adisurya Abdi mengatakan, setiap tahun akan dibuat dua website tokoh perfilman. “Setelah Sophan Sophiaan akan dibuatkan website Rima Melati dan satunya lagi masih sedang digodog,” katanya.

Widyawati menilai sosok Sophan Sophiaan adalah seorang perfeksionis. “Meski berwatak keras tapi sesungguhnya dia cukup melankolis,” ungkap Widyawati.

Karir Sophan Sophiaan dimulai saat menjadi figuran pada film Dan Bunga-bunga Berguguran (1970). Kemudian dia membintangi film Pengantin Remaja (1971) bersama pasangan duetnya Widyawati yang akhirnya menjadi istrinya. 

Keaktoran Sophan Sophiaan pernah ditempa dua sutradara kawakan Teguh Karya dan Wiem Umboh. Secara kreatif, Sophan mencoba keahliannya di bidang sinematografi dengan menjadi sutradara di film Jinak-Jinak Merpati (1975), lalu mengasah potensinya menjadi penulis skenario pada film Bunga-Bunga Bangsa (1982).

Bagi Perpusnas kerjasama ini merupakan wujud pelaksanaan dari amanah Undang-undang Deposit tentang Karya Cetak dan Karya Rekam (KCKR) Nomor 4 tahun 1990. “Film, selain sebagai sarana hiburan tapi juga memuat pesan moral yang berisi karya intelektual,” ujar Kepala Perpusnas Sri Sularsih. (imam)

 

Last modified on Tuesday, 16 February 2016
Read 18158 times
Rate this item
(0 votes)
TIS

шаблоны joomla на templete.ru