Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Praktik percaloan dan pungli dalam mengurus Surat Tanda Lulus Sensor (STLS) di Lembaga Sensor Film, Jakarta semakin memprihatinkan. Seorang pembuat film yang akan mengurus STLS mengatakan, terpaksa menyetujui permintaan 'calo' karena ingin urusannya lebih cepat.

"Banyak hal yang perlu diurus, makanya daripada repot, saya ikuti saja aturan mainnya," kata produser yang tak ingin disebut namanya.

Menanggapi adanya calo dan pungli di LSF, salah seorang anggota Komisioner LSF Syamsul Lussa mengatakan, hal tersebut sudah sering didengarnya, termasuk oleh sesama anggota LSF.

“Soal adanya calo memang sering kami dengar. Kami berharap jika ada bukti-bukti percaloan di LSF, masyarakat melapor pada kami untuk ditindak,” kata Syamsul Lussa, kepada tabloidkabarfilm.com, Kamis (11/8/2016).

Menurut Syamsul Lussa, siapapun yang terkait dengan aksi percaloan dan pungli pembuatan STLS di LSF pasti akan mendapat sanksi.

Aksi calo dan pungli di LSF menurut mantan Direktur Film di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata ini memang kerap jadi perbincangan. Namun, pihaknya belum bisa menindak karena ketiadaan bukti.

“Jika benar ada buktinya, pihak yang terlibat akan dikenai sanksi administratif maupun hukum. Baik calonya maupun yang memakai jasa calo bisa kena sanksi,” katanya.

Isu percaloan dan pungli di LSF memang bukan hal baru. Proses mengurus izin usaha perfilman (IUP) sampai mendapat STLS, menjadi ‘ladang bisnis’ para calo sejak belasan tahun silam. Yang menjadi korban adalah masyarakat pembuat film.

Dikatakan Syamsul, tumbuhnya praktik calo di LSF seharusnya tidak terjadi jika masyarakat mencari informasi yang dapat diakses via internet, atau datang langsung ke Gedung Film di Jl MT Haryono, Jakarta Selatan.

“Semua informasi, termasuk berapa harga yang dibebankan kepada pembuat film bisa dilihat secara terbuka di website LSF atau langsung ke Gedung Film,” katanya. (imam)

 

Last modified on Friday, 12 August 2016
Read 2852 times
Rate this item
(0 votes)
TIS

шаблоны joomla на templete.ru