Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Merayakan Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional (21 April dan 2 Mei), Majelis Nasional Forum Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Wati (MN FORHATI) periode 2017-2022 menggelar Malam Budaya Baca Puisi "Perempuan Untuk Indonesia" di Perpustakaan Nasional,  Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Minggu (29/4/2018) malam.

Para Kartini 'jaman now' membaca puisi malam itu, antaranya Hanifah Husein (Kordinator Presidium MN FORHATI), Mufidah Jusuf Kalla (Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla), Gusti Kanjeng Ratu Hemas (Anggota DPD RI), Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI), dan R Siti Zuhro (Koordinator Presidium Nasional Korp Alumni HMI). 

Selain itu, beberapa tokoh pria juga tampil membaca puisi yaitu Ketua MPR Zulkifli Hasan, budayawan Taufiq Ismail, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. 

Masing-masing membacakan satu puisi bertema perempuan dan pendidikan, yang ditulis oleh N Syamsuddin Ch Haesy, Taufiq Ismail, Gus Nas (Nasrudin Anshary), Mustofa Bisri, dan Hasyienna Fatimah Az Zahra. 

Acara yang dibuka dan ditutup tarian dan dendang irama lagu Melayu itu, dimulai dengan pembacaan puisi berjudul Perempuan Indonesia oleh Hanifah Husein.

Berikutnya adalah Zulkifli Hasan membaca puisi Berjuta Mereka, Berjuta Ibunda Kita IV, Mufidah Jusuf Kalla membaca puisi Ibu Pertiwi.

Menlu Retno Marsudi membaca puisi Perempuan Indonesia Telangkai Nusa di urutan ke empat. 

Menurutnya, undangan acara baca puisi malam itu diterimanya ketika bertugas di Singapura. 

"Kertas ini masih agak merah, saya terima waktu acara KTT di Singapura," kata Retno Marsudi sebelum membacakan puisi karya Hasyienna Fatimah Az Zahra.

"Puisi ini saya dedikasikan juga untuk para perempuan diplomat, yang mendampingi laki-laki dalam bekerja," katanya. 

 

Ibu sebagai madrasah pertama

Usai pergelaran, Hanifah Husein menjelaskan tujuan acara tersebut, yaitu ingin mengingatkan, ibu (perempuan) adalah "madrasatul ula" atau sekolah pertama dan utama bagi anak-anaknya. 

Menurutnya, Hari Kartini adalah hari dimana perempuan Indonesia memperingati kehebatan para perempuan Indonesia. Di mata Tuhan perempuan itu sama tanggung jawabnya, yang membedakan perempuan adalah kodratnya.

“Setinggi apapun, ibu menjadi guru utama bagi anak-anaknya. Kartini meninggalkan literasi dan pejuang-pejuang perempuan lainnya yang meninggalkan sejarah heroiknya. Kami ingin mengingatkan kembali, bahwa perempuan adalah madrasatul ula, yaitu sekolah pertama dan utama bagi anak-anak,” lanjut Hanifah Husein.

Malam Budaya Baca Puisi tersebut juga dalam rangka Hari Puisi Nasional yang menampilkan Olivia Zalianty sebagai pembaca puisi di akhir acara. 

“Kami memperingati Hari Kartini yang meninggalkan literasi dalam perjuangannya, tapi juga ada pejuang-pejuang lainnya seperti di antaranya Tjoet Nya’ Dien, Malahayati, Dewi Sartika, Martha Christina Tiahahu, dan lain-lain," kata Hanifah Husein.

Puisi yang dibacakan dalam rangka memperingati Hari Puisi Nasional disebut Hanifah semuanya, memaknai perjuangan perempuan yang ingin menggairahkan kita kembali, misalnya betapa heroiknya Malahayati. 

“Oleh karena itu, mestinya wanita-wanita Aceh harusnya terinspirasi Malahayati,” bebernya.

Hanifah menyebut, HMI akan membuat sekolah Demokrasi Insan Cinta. Yaitu sekolah politik bagi alumni HMI yang akan menjadi calon legislatif dan senator. HMI adalah insan akademis, pencipta, pengabdi, bertanggung jawab dengan kemakmuran masyarakat yang diridhoi Allah.

“Peran-peran itulah yang kami lakoni hari ini dengan alumni-alumninya yang berada di semua lini kehidupan. Jadi FORHATI adalah rumah kedua bagi kami, setelah kamu berperan di tempat lain. Kami ingin bareng, bahwa kami kekuatan yang sebetulnya bisa bareng-bareng, kami ada pengusaha, teknokrat, buruh, profesor, ibu rumah tangga juga,” pungkasnya.

Sejumlah agenda kerja lainnya juga diungkapkan oleh Hanifah Husein, seperti kegiatan sosial kemasyarakatan di wilayah Jakarta. (imam)

Last modified on Wednesday, 02 May 2018
Read 608 times
Rate this item
(0 votes)
TIS

шаблоны joomla на templete.ru