Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

AJANG kompetisi film internasional “Bali International Film Festival” (Balinale) kembali digelar. 59 Film berbagai negara akan diputar pada ajang tahunan yang digelar di Bali, 12-18 Oktober 2014.  Pada tahun ke-8 Balinale kali ini mengangkat tema “Focus On Women” (Perempuan Dalam Film).

Direktur Balinale Debora Gabinetti mengungkapkan, pemilihan tema Balinale terkait dengan fenomena perempuan yang akhir-akhir ini banyak terlibat dalam industri perfilman.

“Perempuan telah mengisi hampir semua unsur produksi film, mulai dari sutradara, penulis, DOP, produser, hingga kepemilikan studio. Kami ingin memberi apresiasi untuk kiprah kaum perempuan di Balinale 2014,” kata Debora, kepada wartawan di Tee Box Cafe, Jakarta, Kamis (25/9/2014).

Oleh karena itu, lanjut Deborah, film-film yang dihadirkan adalah yang bercerita tentang kekuatan dan kemandirian perempuan.  “Film peserta dari berbagai negara yang masuk di Cannes Film Festival, Oscar, dan lainnya,” kata Deborah. 

Beberapa film Indonesia yang masuk Balinale 2014 antaranya 12 Menit Untuk Selamanya, Bajaj Bajuri The Movie, Slank Nggak Ada Matinya, dan film Garuda Superhero. Sementara film non komersil antaranya film pendek Maryam (pemenang Apresiasi Film Indonesia dan Venice International Film Festival), dan Urbanus Apartementus.

Secara kuantitas dan kualitas Balinale 2014 mengalami peningkatan signifikan.  “Jumlah film peserta meningkat cukup signifikan. Jika tahun 2013 hanya ada 37 film, tahun ini ada 59 film peserta,” ujar Deborah, yang kali ini tidak didampingi Christine Hakim selaku penggagas Balinale.

Sejumlah perwakilan film peserta hadir dalam press conference Balinale 2014, antaranya Reza Parwez (produser Bajaj Bajuri The Movie dan Slank Nggak Ada Matinya), Abdee Slank, Nova Eliza (artis Bajaj Bajuri The Movie), Hani Saputra (sutradara 12 Menit Untuk Selamanya), X-Jo (sutradara Garuda Super Hero), Sidi Saleh (pembuat film pendek Maryam), Rina Damayanti (produser film Urbanus Apartementus), serta aktris Rima Melati sebagai penasihat Balinale.

Selama sepekan tim pelaksana Balinale akan memutar film untuk diapresiasi dan penjurian atas film-film yang dikompetisikan. Balinale menampilkan semua jenis dari independen, fiksi, dokumenter, film pendek, dan film utama.

Film Internasional
Film-film pemenang penghargaan internasional yang masuk Balinale 2014 antaranya film utama dan dokumenter Nominasi Un Certain Regard Award 2014, A Girl At My Door/ July Jung (Korea), pemenang Oscar 2014, La Grande Belleza/ Paolo Sorrentino (Italia), White Lies/ Dana Rotberg dan Nominasi BAFTA The Book Thief/ Brian Percival (Jerman/USA), dan lain-lain.

Yang juga menarik, Jack Neo, produser film terlaris dari Singapura dan penerima penghargaan pengabdian, akan menampilkan film komedi terbarunya The Lion Men: Ultimate Showdown. (imam/kf)



Last modified on Thursday, 25 September 2014
Read 3475 times
Rate this item
(0 votes)
TIS

шаблоны joomla на templete.ru