Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

MUSIK rock progressive memerdekakan diri. Lewat album Indonesia Maharddhika yang berisi 8 langgam rock progresif karya musisi lintas generasi, sejumlah band indie ikut terlibat. Judul album diambil dari lagu di album Guruh Gipsy (dirilis 1976). 

“Awalnya kami ingin membuat konser untuk memfasilitasi band-band indie beraliran progressive rock," kata Kadri Mohammad, penggagas album Indonesia Maharddhika saat peluncuran album di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Kamis (21/8/2014).

Kadri yang juga vokalis grup rock Kadri Jimo merancang proyeknya tersebut sejak 2011 didukung oleh dua rekannya sesama pengacara, Yeni Fatmawati dan Hendronoto Soesabdo (Ninotz). Secara khusus, lagu "Indonesia Maharddhika" (durasi 15 menit) diremake dengan warna musik yang baru di album ini.

Semangat yang melatari remake album ini, menurut Yeni Fatmawati, karena dirinya melihat animo masyarakat minim terhadap aliran rock progressive. "Aliran progressive rock kurang diminati masyarakat, ini yang membuat saya dan teman-teman berhasrat membuat aliran tersebut kembali menggaung di kancah permusikan tanah air," kata Yeni.

Dengan menggandeng Keenan Nasution (anggota Guruh Gipsy), Iwan Hasan, dan Lilo Romulo, album Indonesia Maharddhika berisi delapan lagu karya musisi kelas wahid di Indonesia. Lagu utama dalam album tersebut adalah Indonesia Maharddhika ciptaan Roni Harahap dan Guruh Soekarnoputra. Lagu ini digarap oleh Iwan Hasan, Marcel Kiran, Ubiet, Siti Proehoeman, Kompyang Raka, Indra Lesmana, dan Rick Wakeman.

Album Indonesia Maharddhika juga melibatkan band-band indie beraliran progressive rock, seperti Cockpit, IMANISSIMO feat. Andy ‘Rif, The Miracle, In Memoriam, Vantasma, Atmosfera, dan Van Java. Seluruh band indie tersebut lagu bertema patriotisme yang diproduseri Lilo.

Pada tahun 1976 band Guruh Gipsy beranggotakan Chrisye, Keenan Nasution, Oding Nasution, Roni Harahap, dan Abadi Soesman. Mereka mengarap lagu Indonesia Maharddhika. Lagu garapan Guruh dalam bahasa Bali dan Indonesia itu, kemudian menjadi legendaris karena kekuatan liriknya yang menceritakan keindahan Indonesia. (imam/kf)

Read 4954 times
Rate this item
(1 Vote)
TIS

шаблоны joomla на templete.ru