Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Kota Lembata di Nusa Tenggara Timur (NTT) terpilih sebagai lokasi Hari Nusantara pada 13 Desember 2016 mendatang. Kegiatan yang akan dilaksanakan untuk ke-6 kalinya ini difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata.

“NTT adalah wilayah kepulauan meliputi Flores, Sumba dan Timor dengan luas  47.349 km2. Keindahan bahari di Indonesia timur merupakan etalase pintu gerbang internasional seperti Australia, Timor Timur dan Asia Pasific lainnya,” kata Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Senin (22/8/2016) di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat.

“Kami ingin menjadikan NTT sebagai wilayah bahari dan perikanan. Saat ini, terdapat 7 waduk dan ditambah 2 lagi. Pembangunan bandara, jalan dan jembatan lagi dalam proses percepatan,” lanjut Frans Lebu.

Kegiatan Hari Nusantara 2016 di Lembata akan menjadi proses percepatan di NTT dengan tema Tata Kelola Maritim Yang Baik Menuju Poros Bahari Dunia. 

“Tema ini meneguhkan dan menguatkan masyarakat Indonesia timur untuk membangun Indonesia sebagai poros maritim dunia,” katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang juga hadir dalam peluncuran Hari Nusantara 2016 mengatakan, penetapan tanggal 13 Desember sebagai Hari Nusantara mengacu pada deklarasi Juanda 13 Desember 1957. 

“Mulai tahun itu semua perairan di sekitar dan yang menghubungkan pulau di NKRI adalah bagian tak terpisahkan dari yuridiksi di Indonesia. Pencanangan pertama tahun 1999, dan tahun ini yang ke-6 kalinya,” kata Arief Yahya.

Menurut Arief Yahya wisata bahari dibagi tiga, yaitu pantai atau costal zone, bentang laut Cruise atau yacht 25 persen serta underwater 15 persen. 

“Kita punya Costal kedua terpanjang di dunia, setelah Kanada. Hampir 100 ribu meter, lalu bentang laut yakni 2/3 coral terbaik ada di dunia, spot diving terbaik ada di dunia pertama Galapagos kedua NTT lalu ada Raja Ampat,” jelasnya.

Arief menilai potensi-potensi yang ada belum tergarap dan hasilnya buruk karena persoalan regulasi yang buruk. “Kita harus lakukan de-regulasi. Masuk ke Indonesia butuh 21 hari sedangkan yang lain hanya satu jam. Koq masuk ke Indonesia dipersulit ini kan aneh, susahnya luar biasa. Jangan kalah dari Malaysia,” katanya.

NTT terpilih sebagai prioritas pengembangan pariwisata nasional Indonesia dengan dibukanya flight ke Silangit. (imam)

Read 1494 times
Rate this item
(0 votes)
TIS

шаблоны joomla на templete.ru