Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Kalangan perajin tenun songket berharap pemerintah menetapkan Hari Songket untuk mensejajarkan kain songket dengan batik.

“Kami minta perhatian pemerintah segera menetapkan Hari Songket. Karena kualitas dan popularitas songket sangat merakyat, bahkan dikenal di manca negara,” kata Anna Mariana, desainer dan pengusaha kain songket Bali di House of Batik Marsya, kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (15/12/2016).

Hal tersebut diungkapkan Anna Mariana saat menyambut kunjungan Calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono di butik milik pengusaha yang juga pengacara tersebut.

Dikatakan Anna, kain tenun songket merupakan salah satu seni budaya nenek moyang Indonesia yang telah mendapat apresiasi dari masyarakat secara luas.  

“Kita harus menjaga dan melestarikan tenun songket nusantara agar tidak diklaim oleh bangsa lain,” kata Anna yang telah mendedikasikan kemampuan kreasinya pada medium kain songket sejak 33 tahun silam.

Berangkat dari kecintaannya pada seni kreasi desain kain tenun songket, saat ini Anna Mariana telah menjadi pengusaha yang memiliki jaringan luas di dalam dan luar negeri. 

“Ini semua rancangan saya. Saya yang merancang desainnya, sedangkan produksi dikerjakan oleh para perajin binaan saya yang tersebar di seluruh Indonesia berjumlah 3,8 juta orang,” kata wanita yang juga Ketua Yayasan Sejarah Budaya Kain Nusantara ini.

Kunjungan Agus Harimurti Yudhoyono juga dimeriahkan peragaan busana kain tenun songket, dan dihadiri sejumlah perwakilan organisasi pengusaha dan aktivis pecinta kain tenun. 

Usai menyaksikan fashion-show, Agus Harimurti mengatakan dia dan keluarganya juga pecinta kain tenun. 

"Keluarga saya sejak lama menyukai tenun. Fashion show ini menunjukkan kekayaan budaya, kekayaan seni Indonesia dari generasi ke generasi. Upaya yang dilakukan Ibu Anna ini luar biasa demi melestarikan budaya songket dan kain tenun ke seluruh penjuru dunia," ujar Agus.

Agus berjanji akan terus ikut melestarikan budaya kain dan songket ini jika nanti terpilih. Menurut Agus, ini  sesuai dengan salah satu program unggulannya untuk Jakarta, yakni menjadikan Jakarta sebagai kota yang kreatif. 

“Dan menguatkan image  Jakarta sebagai kota Smart, Creative and Green," ujar Agus Harimurti. (imam)

 

Last modified on Sunday, 18 December 2016
Read 3692 times
Rate this item
(0 votes)
TIS

шаблоны joomla на templete.ru