Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Wishnutama Kusubandio usai dilantik sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Ekonomi dan Kreatif (Menparekraf/Kabekraf) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (23/10/2019) pagi langsung menuju Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata di Jakarta Pusat.

Kedatangan Wishnutama di kantor Kementerian Pariwisata disambut para pejabat Eselon I untuk mengikuti upacara serahterima jabatan antara Menteri Pariwisata Kabinet Kerja (2014-2019) Arief Yahya dengan Kemenparekraf/ Kabarekraf Wishnutama.

Dalam sambutannya, Wishnutama mengatakan pariwisata Indonesia memiliki potensi sangat besar dalam mendatangkan devisa.

“Setahu saya, saya dibicarakan tidak untuk ada disini. Ya, bisa dikira-kiralah dimana. Jadi, buat saya, ini (Pariwisata) sesuatu yang baru buat saya,” kata Wishnutama.

Menurut Wishnutama, beberapa kali dia diingatkan oleh Presiden Jokowi yang mengatakan, agar jangan terlalu lama berada di tempat nyaman. Dia memberi ilustrasi klub sepakbola di Inggris yang prestasinya menurun. Menurut pelatih hal itu karena selama ini klub melakukan hal yang sama.

“Karena selama ini mereka lakukan hal yang sama dan jadi semacam ritual. Maka letak loker dipindah oleh coach, dari kiri ke kanan untuk merubah kebiasaan,” katanya.

Hal yang sama ingin dilakukan Wishnutama, yaitu sesuatu yang agak berbeda. “Secara psikologis kita ingin merasakan adanya perbedaan. Jadi tantangan buat saya, menyelaraskan Pariwisata dan Ekraf,” katanya.

Kemampuan Indonesia dari sektor kreatif, menurut Wishnutama itulah yang perlu diselaraskan dari pariwisata. Dia mencontohkan di Belgia ada Tomorrow Land yang hanya memiliki padang rumput, tetapi hal itu bisa dikreasikan menjadi sebuah destinasi yang menarik luar biasa.

“Atau Coachella yang hanya punya padang pasir tapi bisa menarik. Indonesia punya tempat yang jauh lebih menarik dari tempat itu. Saya pikir selain promosi, infrastruktur dan sebagainya,  yang penting juga kita harus punya daya tarik luar biasa sehingga orang mau datang,” ujarnya.

Bahwa sebelumnya ada konsep atau program calendar of event, menurut Wishnutama perlu dipertanyakan seperti apa kualitasnya, dan bagaimana kita bisa meningkatkannya.

Menurut Menparekraf tidak perlu banyak menggelar calendar of event. Yang penting adalah benar-benar punya daya tarik tinggi. “Seperti di Pasadena misalnya, hanya setahun sekali tapi banyak hal yang menarik sehingga banyak orang datang. Atau di Tommorow Land, yang hanya setahun sekali tapi serius,” ujarnya.

Namun demikian, untuk mencapai tahap itu dibutuhkan sebuah proses. Yang pasti, hal itu menjadi salahsatu daya tarik yang akan dikembangkan ke depan.

“Saya sekarang belum tahu banyak, tapi saya pasti mau tahu banyak soal pariwisata. Kalau di kantor lama saya tidak pernah pulang less dari jam 12 malam, tetapi memang industri media yang namanya prime time adalah saat orang ada di rumah. Dan di saat itulah kita ada di studio. Bahkan saat lebaran dan tahun baru pun di studio,” kata Wishnutama.

Sementara itu, Arief Yahya mengatakan siap mendukung dan membantu Wishnutama jika memang dibutuhkan. “Kapan dibutuhkan, saya siap membantu Kemenpar dan Anda mas Wishnutama. Semoga Pariwisata Indonesia semakin maju,” kata Arief Yahya yang berjanji akan datang jika diundang halal-bihalal di Kemenparekraf.

Wishutama Kusubandio dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk Kabinet Indonesia Maju, periode 2019-2024 mendatang. “Saya belum tidur dari semalam, jadi mohon maaf tidak bisa bicara lebih banyak dulu,” kata Menparekraf/ Kepala Bekraf Wishnutama. (imam)

Last modified on Wednesday, 23 October 2019
Read 104 times
Rate this item
(0 votes)
TIS

шаблоны joomla на templete.ru